Manusia Mulai Pikun di Usia 45  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Manusia Mulai Pikun di Usia 45  
Jan 10th 2012, 07:36

Selasa, 10 Januari 2012 | 13:24 WIB

TEMPO.CO, London - Kemampuan kognitif (mengingat data, alasan, dan memahami sesuatu secara audiovisual) akan berkurang pada umur 45. Peneliti dari Inggris dan Prancis melaporkan hasil penelitian tersebut di British Medical Journal (BMJ) berdasarkan studi terhadap berkurangnya kemampuan kognitif manusia.

Hasil penelitian ini cukup mengejutkan karena dalam penelitian sebelumnya kemampuan kognitif manusia dinyatakan berkurang pada umur 60. Kemunduran ini memang tidak terjadi secara langsung, melainkan perlahan-lahan dan baru akan terlihat jelas di umur 60.

"Pemahaman terhadap penuaan secara kognitif dipercaya menjadi salah satu tantangan abad ini," ujar Kepala Peneliti di Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Populasi di Inggris dan Prancis, Archana Singh Manoux.

Manoux dan timnya melakukan observasi terhadap 2192 perempuan dan 5198 laki-laki dari tahun 1997-2007. Semua subjek penelitian Manoux adalah pegawai negeri sipil berusia 45-70 tahun. Mereka melakukan metode penelitian yang disebut Kohort II Whitehall. Penelitian ini pernah dilakukan di tahun 1985.

Metode ini menguji memori, kosa kata, pemahanan terhadap keterampilan audio (pendengaran) dan visual (penglihatan). Misalnya, mengigat kata sebanyak mungkin yang dimulai dengan huruf "S" -- sebagai fonemik yang menggambarkan sebuah kefasihan seseorang atau mengingat nama hewan sebanyak mungkin.

Faktor lain yang diperhitungkan dalam penelitian tersebut adalah pendidikan. Dari hasil pemantauan tersebut mereka menyimpulkan bahwa nilai kognitif seseorang akan menurun di semua kategori, kecuali kosa kata. Semakin tua usia subjek peserta, semakin cepat penurunan kemampuan kognitifnya.

Dari hasil penelitian itu disimpulkan pula bahwa kemunduran kemampuan kognitif laki-laki di atas 60 tahun lebih besar dari pada perempuan, yaitu 9,6 persen. Sedangkan perempuan hanya 7,4 persen. Sedangkan di usia 45-49 tahun, penurunan kemampuan kognitif perempuan dan laki-laki sama, yaitu sebesar 3,6 persen.

MEDICALNEWSTODAY.COM | CHETA NILAWATY

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...