Yang Merangsang Nafsu Makan Anak

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Yang Merangsang Nafsu Makan Anak
Jan 10th 2012, 00:28

Selasa, 10 Januari 2012, 07:28 WIB

Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah

VIVAnews - Anak susah makan? Coba sajikan menu makanan bernilai gizi seimbang dengan beragam warna dan bentuk. Tampilan makanan yang menarik dijamin akan memancing nafsu makan anak.

Sejatinya, yang menarik secara visual bagi anak biasanya berbeda dengan selera orangtua. "Sayang, banyak orangtua menyamakan penyajian makanan yang mereka suka dengan makanan untuk anak mereka," ujar Brian Wansink, pemimpin penelitian dari Universitas Cornell, New York, seperti dilansir Daily Mail.

Dalam penelitiannya, Wansink mengungkap bahwa cara penyajian makanan yang tepat bisa membuat makanan terlihat lebih enak di mata anak-anak.

Penelitian dilakukan dengan memperlihatkan 48 foto makanan terhadap 23 anak dan 46 orangtua. Hasilnya, anak lebih menyukai menu makanan yang memiliki beragam warna dan pilihan bentuk, dibandingkan orangtua yang cenderung memilih makanan-makanan tipikal.

Anak cenderung memilih makanan dengan enam warna, sedangkan orangtua hanya tiga warna. Anak juga cenderung memilih menu utama seperti daging yang ditempatkan pada bagian depan piring. Dan, lebih tertarik untuk makan ketika menu makanan tersebut ditata sedemikian rupa.

Professor Wansink dan rekan penelitinya dari Universitas London Metropolitan menyarankan orangtua untuk menyiapkan menu daging dengan bentuk wajah tersenyum atau bentuk hati. "Dibandingkan orangtua, anak-anak tidak hanya memilih piring yang berisi berbagai macam warna, tetapi juga memilih menu utama berada di depan piring dengan desain yang figuratif," ujarnya.

Sedangkan orang dewasa cenderung tertarik dengan bentuk, ukuran, dan penampilan makanan yang disajikan. "Jadi, tidak seharusnya kita menyamakan sudut pandang dengan anak-anak," ujar rekan penulis, Kevin Kniffin.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Acta Paediatrica ini tentu untuk mendukung program diversifikasi gizi pada anak. Jadi, jangan malas untuk mengkreasikan warna dan bentuk makanan agar nafsu makan anak meningkat.

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...