Gaya Jepang dalam Busana Muslim

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Gaya Jepang dalam Busana Muslim
Feb 10th 2012, 03:48

KOMPAS.com - Tren busana muslim di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir mengalami dinamika yang sangat mengagumkan. Kesantunan tradisi masa lalu mengalami evolusi tatanan memakai jilbab, hingga kini disebut berhijab. Berbagai gaya padu padan, sampai inspirasi gaya busana dari berbagai belahan dunia banyak memberi pengaruh untuk koleksi busana muslim di Indonesia. Sodagar, salah satu lini busana muslim, misalnya, memilih untuk mengacu ke gaya Jepang untuk koleksi busananya.

"Mulai dari gaya busana, warna, sampai aplikasi motifnya," ungkap Arulita Adityaswara, pemilik Sodagar kepada Kompas Female, saat fashion show bertema "Shikku" di Mitra Hadiprana Boutique Mall, Kemang, Jakarta, Kamis (9/2/2012) lalu.

Sesuai dengan konsepnya tentang busana muslimah yang segar, fashionable, dan penuh warna, Sodagar menghadirkan sekitar 40 outfit dengan gaya Shikku atau chic. Unsur Jepang yang tampil dalam ragam bunga musim semi, hiasan, kimono, serta pernik Jepang lainnya, diterjemahkan dalam desain busana kaftan, blus, serta tunik yang indah.

Koleksi busana muslim ini dihadirkan dalam pilihan warna yang beragam, namun memiliki kecenderungan warna pastel yang lembut seperti warna biru muda, coklat muda, emas, hitam, putih, kuning muda, dan hijau lembut. Agar tak monoton, warna baju dikombinasikan dengan tambahan payet, bordir, dan aplikasi desain khas Jepang seperti bentuk burung bangau, kipas, atau bunga sakura yang indah.

Sebagian besar koleksi baju yang dihadirkan merupakan baju dengan model gamis, kardigan, sampai atasan dengan lengan model kelelawar (batwing) dengan satu sampai dua tone warna senada yang digabung dengan aplikasi list di pinggiran baju. Agar terkesan sedikit glamor, namun tetap sopan, busana muslim ini diberi tambahan kesan menjuntai dengan potongan asimetris serta draperi. Bahan-bahan seperti sifon, katun, dan satin digunakan untuk memberi kesan ringan pada juntaian tersebut.

Busana muslim ternyata menjadi unik ketika digabungkan dengan gaya kimono Jepang. Sodagar menghadirkannya dalam gamis bergaya kimono berwarna hitam, lengkap dengan motif burung bangau dan rumah khas Jepang yang unik. Warna-warna motif yang berpadu di dalamnya juga terlihat menonjol karena dilengkapi dengan list di bagian leher, serta obi (ikat pinggang gaya Jepang) di bagian pinggang. Dengan tambahan penggunaan jilbab atau kerudung sederhana, paduan busana muslim Anda akan terlihat berbeda.

Kombinasi busana kaftan dengan jubah panjang ala Jepang pun terlihat unik. Warna hitam dan merah terang di bagian bawah baju dikombinasikan dengan bordir berbentuk burung bangau di salah satu sisi jubah. Jubah dengan potongan garis kancing di bagian depan membuat kaftan ini bisa digunakan sebagai rompi ataupun sebagai jubah tertutup. Sebagai pasangannya, rok satin berwarna putih menjadi pasangan yang sempurna untuk melengkapi jubah ini. Jika menginginkan gaya yang unik, celana panjang satin yang melambai bisa jadi pasangan yang cocok.

Koleksi busana muslim gaya Jepang juga terlihat pada kaftan dengan model kimono. Warna biru muda yang lembut serta kombinasi bahan satin yang mengilat dan lemas membuat kaftan kimono ini terlihat cantik dipadukan dengan ikat pinggang payet berwarna emas di bagian depan. Dengan potongan yang asimetris di bagian bawah baju, kaftan kimono ini bisa berfungsi sebagai rompi, lengkap dengan gamis panjang sederhana berwarna serasi di bagian dalamnya. 

Jika ingin gaya yang lebih enerjik, kaftan pendek yang dipadukan dengan celana jodhpur dari bahan satin juga bisa jadi pilihan. Kaftan pendek ini dihadirkan dengan warna-warna yang lebih terang seperti biru, pink, sampai silver. Bordir bunga krisan Jepang yang indah di bagian dada, serta tambahan draperi sederhana semakin menambah keindahan kaftan ini. Sebagian besar koleksi kaftan pendek ini menggunakan model kelelawar yang melambai. Kombinasi yang serasi dihadirkan dengan penggunaan celana jodhpur yang berwarna keemasan atau putih.

Koleksi Sodagar dihadirkan dalam berbagai ukuran, mulai S, M, L, dan free size. "Tidak ada pembatasan usia untuk pengguna busana muslim ini. Semua usia bisa menggunakannya, mulai dari remaja sampai orang dewasa," tambah Arulita.

Seluruh koleksi Sodagar bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 200.000 - 400.000-an per item, dan bisa didapatkan di TokoSodagar.com.  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...