Rusia uji vaksin HIV

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Rusia uji vaksin HIV
Feb 9th 2012, 15:19

Ilustrasi (FOTO ANTARA News/Ferly)

... sukses telah menyelesaikan tahap pertama dari percobaan klinis dari vaksin HIV...

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Dapatkah infeksi virus HIV dicegah? Ini merupakah pertanyaan yang jawabannya yang akan dicari oleh Pusat Virologi dan Bioteknologi Vektor di Rusia. Negara itu dilaporkan telah mendanai pusat penelitian itu yang mencoba membuat vaksin yang dapat memproduksi antibodi yang kuat (antigen).

"Kami dengan sukses telah menyelesaikan tahap pertama dari percobaan klinis dari vaksin HIV," Ujar  pimpinan lembaga itu, Alexander Sergeyev. Vaksin itu kini menunggu persetujuan untuk diuji pada tahap kedua.

Pusat itu sebelumnya mengatakan, mereka telah mengembangkan salah satu dari yang terkuat dan paling mutakhir dari vaksin HIV yang ada di dunia. Jika tahapan pengujian itu berhasil dan sukses, hal itu akan menjadi harapan baru bagi orang yang hidup dengan HIV/AIDS yang penyembuhnya belum ditemukan hingga saat ini.

Pada 1 november, Russia tercatat memiliki 636.979 kasus HIV yang catatannya telah dimulai pada 1987. Jumlahnya hampir dua kali lipat sejak 2006. Sebanyak 104,257 pasien HIV meninggal dunia.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan atau melumpuhkan fungsinya, infeksi virus itu menyebabkan kerusakan progresif pada sistem kekebalan tubuh, melemahkan kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi dan penyakit. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) mengacu pada tahap lanjutan dari infeksi HIV.

Menurut WHO , jumlah orang yang hidup dengan HIV terus meningkat hingga mencapai 33.3 juta orang di tahun 2009 dengan 2.6 juta infeksi batu dan 1.8 juta hidup dengan digerogoti virus itu.

HIV/AIDS menyisakan tantangan yang signifikan bagi dunia, terutama pada negara dengan pendapatan menengah hingga rendah.Sekitar 10 juta orang diseluruh dunia terinfeksi dengan HIV dan tak memiliki akses untuk pelayanan kesehatan yang memadai. (yud)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...