Kenali gejala autisme pada bayi

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
Kenali gejala autisme pada bayi
Feb 9th 2012, 14:59

Jakarta (ANTARA News) - Pada gilirannya austisme dapat dideteksi sejak usia dini. Penelitian terbaru menujukan bahwa autisme dapat dikenali pada bayi sejak tahun pertama.

Autisme dapat disebabkan banyak faktor, penelitian itu bahkan mengungkapkan bahwa bayi dengan berat yang kurang memiliki potensi menigap autisme.

"Gejala -gejalanya dicirikan respon otak yang berbeda ketimbang bayi lainnya," ujar Direktur Pusat Pembangunan Otak dan Daya Kognitif di Kolegia Birkbeck, Universitas London, Johnson, seperti dikutip dari laman medicmagic.

Kesimpulan itu, yang telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology diikuti 104 bayi berusia enam hingga sepuluh bulan. Kemudian dilanjutkan ketika bayi berusia tiga tahun. Untuk kepentingan penelitian, para peneliti menggunakkan sensor pasif yang ditempatkan pada kulit kepala.

Perangkat itu mampu mencatat aktivitas otak seiring peralihan wajah bayi setelah dihadapkan langsung dengan yang lainnya.

Tampaknya, seorang anak yang menderita autisme memiliki pola yang tak biasa ketika merespon kontak matadengan yang lainnya.

Wajah mereka sering berpaling, setelah dihadapkan langsung. Bayi-bayi yang tumbuh bersama saudara lelaki dan perempuan austistik, lebih besar berpotensi menderita autisme. "Tetapi penelitian ini tak bisa dikatakan 100 persen akutar," kata Johnson.

Johnson menyadari bahwa diagnosis menyeluruh diperlukan guna memastikan anak-anak dengan autisme bisa didiagnosa ketika anak itu berusia dua tahun. Hal itu dikarenakan tak ada pertanda dari perilaku yang bisa dilihat dibawah usia itu.

"Selain itu, penelitian ini secara langsung mengukur aktivitas otak dari seorang anak. jika gejala dapat dideteksi lebih dini, kita berharap bahwa autisme dapat diantisipasi," ujarnya.

Autisme berdampak sekitar satu persen pada orang diseluruh dunia. Gangguan spektrum dan mental berdampak pada ketidakmampuan seseorang berkomunikasi.

Gejala umum yang bisa di lihat pada orang yang terpengaruh sindrom Asperger (sebuah tipe karakter autisme dengan kemampuan bahasa yang terganggu).Penderitanya bisanya memiliki IQ tinggi.banyak penelitian dibuat dalam rangka agar orang mampu mendeteksi autisme lebih dini. (yud)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...