Minuman Ringan Bisa Memicu Asma  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Minuman Ringan Bisa Memicu Asma  
Feb 9th 2012, 12:40

Kamis, 09 Februari 2012 | 17:45 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Anda sering menenggak minuman ringan atau soft drink? Hati-hatilah. Sebab, hasil penelitian terbaru tim dari University of Adelaide, Australia, menyebutkan soft drink memicu risiko munculnya penyakit asma dan penyakit paru obstruktif kronik atau chronic obstructive pulmonary disease (COPD).

Penelitian tersebut melibatkan hampir 17 ribu responden berusia 16 tahun ke atas yang tinggal di Australia bagian selatan. Mereka ditanyai ihwal konsumsi minuman ringan, seperti kola, minuman rasa lemon, Powerade, Gatorade, maupun air mineral dengan perasa buatan. Hasilnya, seperti diungkap dalam jurnal Respirology edisi Februari, lebih dari 10 persen responden mengaku mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman ringan saban hari.

Tim menemukan risiko asma dan COPD pada partisipan yang mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman ringan setiap hari. Sebanyak 13,3 persen dari mereka terserang asma dan 15,6 persen lainnya menderita COPD. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman ringan juga diyakini 1,2 kali lebih berpotensi terserang penyakit asma dan 1,7 kali lebih mungkin terkena COPD dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi minuman semacam itu.

"Penelitian kami menekankan pentingnya makanan dan minuman sehat dalam mencegah penyakit kronik, seperti asma dan COPD," kata kepala peneliti, dr Zumin Shi.

HEALTH DAY | AMIRULLAH

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...