Tips Sukses Mengisi Form Job Application

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tips Sukses Mengisi Form Job Application
Feb 8th 2012, 00:00

Bahkan, ada beberapa trik yang harus Anda perhatikan saat mengisi formulir job application di sebuah job fair.

KapanLagi.com - Mencari pekerjaan di tengah persaingan yang ketat saat ini bukan perkara yang mudah. Sekalipun mungkin nilai Anda di atas rata-rata, namun, ribuan bahkan jutaan orang di luar sana bernasib sama dengan Anda. Bisa dibayangkan, berapa kesempatan Anda dalam bersaing melawan mereka.

Saat datang berkunjung dalam sebuah job fair, Anda akan bertemu dengan ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya. Yang datang beradu nasib untuk memperebutkan posisi-posisi lowong yang ditawarkan di sebuah pekerjaan. Nah, untuk bersaing dengan mereka dan mendapat perhatian khusus dari perusahaan, ada beberapa trik yang harus Anda lakukan saat mengisi form job application.

Baca terlebih dahulu

Karena saking bersemangatnya, cenderung sebagian orang langsung mengisi setiap kolom kosong dalam form. Tak heran apabila banyak juga yang akhirnya salah mengisi dan harus mencoret beberapa jawaban mereka sendiri.

Menghindari hal ini, lebih baik baca terlebih dahulu pertanyaan yang diajukan dalam form tersebut keseluruhan. Cermati mana-mana saja poin yang harus Anda jawab dengan hati-hati, dan lampiran apa yang Anda butuhkan untuk melengkapi form tersebut.

Kerapian sangat diperhitungkan

Dan jangan sepelekan kerapian Anda saat mengisi form tersebut. Noda kopi, minyak, coretan yang terlalu banyak, tip-ex akan mengurangi penilaian Anda. Bahkan, tak jarang apabila ditemukan hal-hal tersebut maka form Anda langsung akan dipinggirkan, terutama apabila pekerjaan yang Anda apply berkaitan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan kerapian.

Isi data dengan lengkap dan akurat

Hindari malas menulis data secara lengkap dan akurat, semisal saat menuliskan alamat rumah. Mungkin kedengarannya sepele, namun data semacam ini sangatlah penting untuk perusahaan agar dengan mudah dapat menghubungi Anda.

Jangan tinggalkan celah kosong

Pastikan Anda memeriksa kembali seluruh pertanyaan di dalam form, jangan meninggalkan satu pertanyaanpun yang tidak diisi karena hal ini juga mengurangi poin Anda.

Jujur

Dibutuhkan kejujuran dalam mengisi beberapa pertanyaan, semisal: tanggal pertama kali Anda bekerja, tanggal kelulusan, dan lain sebagainya.

Hindari juga info-info yang dibuat hanya berdasarkan karangan, yang menurut Anda hanya untuk memberikan kesan 'keren' karena hal ini dapat membahayakan posisi Anda saat lolos tahap interview.

Mengisi kolom salary

Pada umumnya, pada form application akan disodorkan pertanyaan tentang 'expectation salary'. Menulis angka dengan jelas memang menunjukkan kepercayaan diri Anda, namun agar Anda dapat lolos ke tahap selanjutnya, jawaban 'negotiable' adalah kuncinya.

Tambahkan referensi

Jangan biarkan kolom referensi Anda kosong, pastikan Anda meminta bantuan dari referen yang profesional agar perusahaan lebih yakin untuk memanggil Anda mengikuti tes selanjutnya. (wo/bee)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...