3 Alternatif Atasi Perut Kembung

KOMPASfemale
KOMPASfemale
3 Alternatif Atasi Perut Kembung
Feb 8th 2012, 01:47

KOMPAS.com - Ada banyak penyebab perut kembung. Bisa karena kondisi yang sepele, seperti masuk angin, namun juga bisa karena adanya penyakit yang cukup serius, seperti celiac disease atau kelainan pada sistem pencernaan.

"Selain itu, kondisi intoleransi laktosa atau pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan Anda mengalami stres. Ketika Anda sedang stres, aliran darah akan dialihkan dari organ pencernaan menuju ke jantung dan otot, sehingga proses pencernaan menjadi lebih lambat. Produksi air liur menjadi berkurang, enzim pencernaan menjadi lebih sedikit, dan makanan tidak bisa dicerna dengan sempurna," jelas Roberta Lee, MD, pakar di bidang integrative healing dari Beth Israel's Continuum Center for Health and Healing, New York, serta penulis buku The SuperStress Solution.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut tiga anjuran dari para pakar:

1. Redakan stres Lee menganjurkan Anda untuk lebih sering rileksasi dan berolahraga, karena keduanya dapat meredakan stres yang dapat mengganggu fungsi pencernaan. "Tambahkan makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik ke dalam menu harian Anda, misalnya yogurt dan kefir. Selain itu, hindari juga makan sambil berdiri atau sambil menelepon dan main komputer," saran Lee.

2. Perawatan akupunktur "Perut kembung banyak disebabkan oleh aliran qi yang terganggu. Sementara, akupunktur dapat membantu menstimulasi qi agar bisa mengalir lancar. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu menjaga agar qi tidak terhambat," kata Anna Perry, L.Ac, praktisi akupunktur dari Crocus Hill Oriental Medicina, St Paul, Minnesota. Sering-seringlah berjalan di alam terbuka, agar qi dapat mengalir secara alami sambil Anda merilekskan pikiran dan tubuh Anda.

3. Perbaiki pola makan "Makanan yang tidak dicerna dengan baik dapat membuat perut menjadi kembung. Karenanya, biasakan mengunyah makanan Anda setidaknya 20 kali sebelum ditelan," anjur Karen Raden, MS, RD, ahli nutrisi dari Chicago. Selain itu, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui jenis makanan apa yang dapat membuat perut menjadi kembung. "Untuk mencegah agar pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras, Anda bisa menyantap makanan yang berkuah atau direbus. Hindari juga minuman berkarbonasi. Lebih baik minum teh jahe atau chamomile, yang terbukti dapat membantu meredakan unsur gas di dalam saluran pencernaan," tambah Raden lagi.

Sumber: Natural Health

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...