Animator Indonesia Standar Internasional  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Animator Indonesia Standar Internasional  
Feb 6th 2012, 06:13

Senin, 06 Februari 2012 | 11:39 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar budaya pop Negeri Ratu Elizabeth, Fred Deakin, kagum dengan karya animasi anak muda Indonesia di ajang festival budaya pop HelloFest 8 Anima Expo. Fred menilai karya mereka tidak kalah dengan karya di festival film kelas internasional. "Mereka amat kreatif dan kompetitif. Karyanya sudah standar internasional," kata Fred, saat berbicang dengan Tempo di sela HelloFest yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2012.

Menurut Fred, yang menjadi juri film animasi pendek di Hellofest, para animator Indonesia bisa go international. Syaratnya cukup melakukan persiapan terbaik dan tidak membuang kesempatan terbaik. "Saya membantu Wahyu (animator Indonesia) menyeleksi film di sini. Saya melihat kesuksesan akan berkembang di Indonesia," ujar Fred yang merupakan animator populer di Inggris dan telah memiliki perusahaan animasi raksasa bernama Airside Studio.

Fred menjelaskan, animasi adalah industri besar yang sudah tidak identik lagi dengan kartun hiburan anak-anak. Pada perkembangannya, kata dia, industri ini dinikmati semua usia. "Animasi bukan sekedar kartun. Animasi adalah ekspresi kreatif," katanya.

Ia mengatakan selama lima tahun terakhir telah terjadi revolusi dunia animasi di Inggris. Di negaranya itu, akses teknologi animasi dimudahkan, sehingga banyak karya dilahirkan. Atas dasar itu, kata dia, British Council, salah satu organisasi budaya Inggris yang bergerak di bidang pendidikan, mengadakan kerjasama dengan Indonesia. "Mereka mengirim saya ke sini," ujar Fred yang pekan depan akan keliling kampus di Yogyakarta dan Malang untuk melakukan presentasi dan kuliah umum sebagai pelaku industri kreatif dan budaya pop di Inggris.

Fred, salah satu personel dari band elektronik Lemon Jelly, mengaku sebagai fans besar Hellofest. Pasalnya tidak ada festival kreatif sejenis ini di negaranya. Apalagi ada ribuan orang yang memakai kostum seksi di ajang festival ini. "Di sana tidak ada yang seperti HelloFest. Orang Inggris terlalu sopan. Kalau mereka ke sini (Indonesia), mereka pasti berubah pikiran," kata Fred tertawa.

Sabtu, pekan lalu, belasan ribu orang menyesaki HelloFest 8 Anima Expo yang membludak di Balai Kartini. Fred cukup terkejut menyaksikan antusiasme pengunjung. "Saya amat menikmati," tuturnya.

HERU TRIYONO

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...