Diet Sayur dan Buah, 3 Minggu Turun 5 Kg

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Diet Sayur dan Buah, 3 Minggu Turun 5 Kg
Feb 8th 2012, 10:46

T: Dok, tiga bulan yang lalu saya pernah diet hanya makan sayur dan buah saja selama tiga minggu. Hasilnya berat badan saya turun 5 kg meskipun tanpa olah raga. Saat ini saya tetap ingin menurunkan berat badan saya lagi supaya tubuh saya ini ideal. Pertanyaan saya, apakah saya harus tetap menjalani pola diet yang seperti itu, ditambah seminggu tetap berolah raga? Sebab aktivitas saya menuntut 24 jam harus siap di tempat. Terima kasih, Dok. (Mimier, 20)

J: Dengan melakukan diet hanya makan sayur dan buah saja selama tiga minggu, tidaklah mengherankan berat Ananda pasti akan turun. Namun diet seperti itu sangatlah tidak dianjurkan, apalagi pekerjaan Ananda menuntut harus siap 24 jam. Mengapa?

Diet yang Ananda lakukan sangatlah ekstrim memangkas kalori, dan tidak sesuai kaidah gizi lengkap dan seimbang. Dengan hanya mengonsumsi sayur dan buah berarti Ananda hanya mengonsumsi karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan air. Namun Ananda tidak mendapat cukup protein dan lemak, kecuali jika Ananda masih mengonsumsi buah alpukat (yang cukup banyak mengandung asam lemak omega 9). Hal ini terbukti dari penurunan berat badan Ananda sudah mencapai 5 kg dalam 3 minggu.

Penurunan berat badan yang dianjurkan pada orang yang berdiet sehat sekitar 2-4 kg/bulan, dengan melakukan diet gizi lengkap dan seimbang, ditambah olahraga yang teratur, terukur, dan berkesinambungan, sehingga diharapkan terjadi defisit kalori sebanyak 500 kalori/hari. Tujuannya agar tidak terjadi "efek yoyo" (berat badan turun dengan sangat cepat, dan akan kembali ke berat badan semula, bahkan melebihi berat semula dengan cepat pula), dan pembakaran massa lemak yang terjadi diikuti pula dengan pembentukan massa otot sehingga tubuh tidak terlihat "kendur".

Yang sebaiknya Ananda Mimier lakukan jika masih ingin melakukan penurunan berat badan adalah: * Diet dengan gizi lengkap dan seimbang. * Olahraga teratur, terukur, dan berkesinambungan

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments :

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...