Mengasah Logika Bayi 9-12 Bulan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Mengasah Logika Bayi 9-12 Bulan
Feb 7th 2012, 03:06

KOMPAS.com - Di usia 9-12 bulan, umumnya bayi sudah bisa merangkak, berdiri, bahkan berjalan. Kecerdasan logikanya mulai berkembang. Stimulasi yang diberikan pun sebaiknya tak lagi fokus terhadap kemampuan motorik tetapi juga kecerdasannya. Titi P Natalia, MPsi, memberikan saran memberikan stimulasi melalui permainan pada bayi usia ini.

* Pasel dan balok bermain. Sediakan mainan yang dapat mengasah logika seperti pasel satu keping, balok susun, menyamakan bentuk dan lainnya. Berikan panduan agar si kecil dapat memainkannya dengan benar, sehingga manfaat yang didapat pun jadi maksimal. Manfaat permainan ini selain mengasah logika bayi, juga mengenalkannya pada bentuk dan warna, belajar mencocokkan, menganalisa, melatih ketangguhan, merangsang konsep berpikir, juga merangsang motorik dan sensoriknya.

* Aneka binatang. Anda bisa membuat binatang bersama si kecil dari clay, kertas, atau media lainnya. Bila merepotkan, bisa membeli mainan binatang dari plastik atau bisa juga dengan mengajaknya bermain di halaman. Kenalkan bayi pada aneka binatang tersebut. Sebutkan satu per satu namanya dan ajak ia menyebutkannya. Bila berbentuk mainan, biarkan ia meraba dan memainkannya. Bila ia bermain di taman, ajak ia berjalan atau tatihlah ia dari sudut satu ke sudut halaman lainnya.

Manfaat permainan ini di antaranya: - Mengenal aneka binatang sehingga kecerdasan alamnya terasah. - Melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil. - Belajar beradaptasi dan mengenal lingkungannya. (Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...