Minuman Bersoda Bisa Picu Asma  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Minuman Bersoda Bisa Picu Asma  
Feb 8th 2012, 08:26

Rabu, 08 Februari 2012 | 13:50 WIB

TEMPO.CO, Australia -Mengkonsumsi banyak minuman bersoda bisa meningkatkan risiko penyakit Asma dan penyakit gangguan paru kronis (chronic obstructive pulmonary disease - COPD) lain. Demikian hasil sebuah studi terbaru dari Australia Selatan, yang dirilis Februari 2012 ini.

Hampir 17 ribu orang berusia 16 tahun atau lebih tua di negara bagian Australia Selatan ditanya mengenai pola konsumsi mereka atas minuman bersoda (soft drink) seperti kola, air mineral beraroma, lemonade, Powerade dan Gatorade.

Lebih dari 10 persen dari mereka mengatakan meminum lebih dari setengah liter minuman bersoda per hari, ungkap penelitian yang dipublikasikan di Jurnal 'Respiratory' edisi Februari 2012 ini. Jumlah itu sama dengan dua gelas berukuran 8 ons minuman bersoda setiap hari.

Orang yang mengkonsumsi jumlah tersebut ternyata 1,2 kali lebih cenderung terkena asma dan 1,7 kali lebih cenderung mengalami COPD ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda, ungkap para peneliti.

"Penelitian kami menekankan pentingnya makan dan minum yang sehat demi mencegah penyakit-penyakit kronis seperti asma dan COPD,'' kata ketua peneliti Dr. Zumin Shi, dari University of Adelaide, dalam siaran pers jurnal tersebut yang dikutip Health Day edisi 7 Februari 2012.

Para peneliti mengatakan bahwa risiko penyakit tersebut ada hubungannya dengan dosis yang dikonsumsi, artinya semakin banyak mengkonsumsi minuman bersoda, semakin besar kecenderungan terkena COPD atau asma. Namun penelitian ini hanya menunjukkan asosiasi dan tidak membangun hubungan sebab-akibat.

Merokok juga meningkatkan risiko tersebut menjadi lebih tinggi, khususnya untuk COPD. Orang-orang yang merokok dan mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman bersoda setiap hari mempunyai peluang 6,6 kali lebih besar terkena COPD dibandingkan mereka yang tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman bersoda.

ARBA'IYAH SATRIANI/ HEALTH DAY

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...