Orang Tua Mengemudi Sambil Mabuk, Anak Juga

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Orang Tua Mengemudi Sambil Mabuk, Anak Juga
Feb 5th 2012, 00:00

Anak selalu menyerap perilaku orang tua, bahkan kebiasaan buruk seperti mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk.

KapanLagi.com - Bila Anda masih memiliki kebiasaan mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk, tak perlu heran jika anak-anak Anda yang telah remaja meniru hal serupa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Substance Abuse and Mental Health Services Administration (SAMHSA), Amerika Serikat menunjukkan bahwa kebiasaan buruk orang tua sangat memengaruhi kebiasaan mengemudi para remaja.

Penelitian dilakukan dengan jajak pendapat nasional pada sekitar 67.500 remaja berusia 12 tahun ke atas. Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 18 persen remaja berusia 16 dan 17 tahun yang hidup dengan ibu yang gemar mengemudi kendaraan sambil mabuk mengikuti kebiasaan buruk tersebut. Sedangkan remaja yang hidup dengan ibu yang tidak memiliki kebiasaan buruk tersebut, hanya 11 persen yang mengemudi sambil mabuk.

Tak hanya ibu, ayah memiliki peran yang lebih besar dalam memengaruhi kebiasaan mengemudi remaja. 21,4 persen remaja yang hidup bersama ayah yang gemar mengemudi sambil mabuk memiliki kebiasaan yang sama, bahkan mengemudikan kendaraan dalam pengaruh narkoba. Sedangkan remaja yang tinggal bersama ayah yang tidak memiliki kebiasaan buruk tersebut, hanya 8,4 persen yang mengemudi sambil mabuk.

"Orang tua memainkan peran kunci dalam mencegah kebiasaan mengemudi dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh obat-obatan, yaitu dengan memberikan contoh yang baik," ujar Pamela Hyde, administrator SAMHSA. "Orang tua yang gemar minum, memakai narkoba dan mengemudi dalam keadaan demikian tak hanya berisiko membahayakan diri sendiri, tetapi juga anak-anak mereka." (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...