Ragam Aktivitas Agar Otak si Kecil Berkembang

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Ragam Aktivitas Agar Otak si Kecil Berkembang
Feb 9th 2012, 07:43

Liputan6.com, Jakarta: Merangsang indra si kecil, dapat dilakukan sejak dini. Beragam aktivitas menarik dapat diberikan untuk si kecil guna membuat inderanya berkembang maksimal. Dan tentunya itulah yang menjadi harapan sebuah keluarga ideal.

Untuk tahap tersebut, baiknya ayah-bunda menghindari permainan atau kegiatan yang justru membahayakan sang buah hati. Lantas, apa saja aktivitas yang dapatmembantu si kecil tumbuh sehat dan ceria. Berikut ulasan seperti dimuat laman onlymyhealth.com, baru-baru ini.

  1. Pijat bayi dengan lembut. Ada beberapa teknik yang merileksasikan otot-otot dan pikiran bayi dan membantunya bersantai serta merespon lebih tekun untuk perubahan di lingkungannya. Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana melakukan ini, ada banyak buku yang tersedia untuk melatih Anda.
  2. Berbicara dengan mereka sebanyak mungkin, seperti ketika Anda mengganti popok atau memberi makan. Jelaskan perlahan-lahan kepada mereka apa yang Anda lakukan dan jeda di akhir kalimat. Ini akan mengajarkan pada mereka kebiasaan percakapan yang baik dan dapat merangsang otak si kecil.
  3. Mendengarkan lagu merupakan perkembangan aktivitas otak besar untuk bayi. Hal ini tidak biasa seperti obrolan konstan yang mereka dengar setiap hari. Sifat merdu lagu dan menyanyi membuatnya mereka menerima itu. Sehingga hal ini dapat merangsang otak si buah hati untuk berkembang secara maksimal.
  4. Bacakanlah buku cerita pada bayi yang disesuaikan usia si kecil. Dengan menirukan suara dari berbagai hewan atau karakter dalam buku, misalnya, dapat memiliki efek yang sama seperti Anda menyanyi.
  5. Jangan biarkan bayi Anda bosan di satu posisi sepanjang hari. Memindahkan mereka dari tempat tidur, kursi goyang, ke tanah atau bermain setiap 30-45 menit akan memengaruhi pikiran mereka dan mempromosikan pemikirannya.
  6. Biarkan bayi Anda menyentuh dan merasakan benda sepanjang hari. Tentunya benda-benda tersebut aman bagi mereka. Dengan mereka belajar menggunakan tangan dan anggota badan, saraf motorik mereka akan berkembang serta baik bagi masa depannya.
  7. Mengajak bayi Anda keluar menghirup udara segar secara teratur dan memungkinkan mereka melihat hal-hal duniawi, seperti binatang, mobil, dan bangunan dalam kehidupan nyata. Udara segar juga sangat baik untuk otak bayi dan mempromosikan perkembangan otaknya.
Dan yang tak kalah penting ialah dampingi buah hati Anda dalam menikmati perkembangan emosionalnya. Hal ini akan memberikan efek positif bagi karakter anak di masa depannya.(BOG)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...