Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Usus Besar

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Usus Besar
Feb 6th 2012, 11:14

Senin, 06 Februari 2012 | 16:31 WIB

TEMPO.CO - Saran dokter agar berhati-hati mengkonsumsi alkohol ternyata banyak benarnya. Sebuah penelitian menyebutkan, mengkonsumsi setidaknya 30 gram alkohol per hari secara signifikan mampu meningkatkan risiko kanker usus besar (kolon), khususnya pada keluarga dengan riwayat kanker usus besar.

Eun-young Cho dan rekan-rekannya dari Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School, Boston, melakukan penelitian prospektif untuk menginvestigasi hubungan antara riwayat keluarga dengan penyakit kanker usus besar dan konsumsi alkohol. Penelitian ini melibatkan 87.861 perempuan dan 47.290 laki-laki pada Nurses' Health Study and Health Professionals Follow-Up Study.

Peneliti mengidentifikasi 1.094 kasus kanker usus besar pada perempuan dan 707 laki-laki masing-masing selama 26 dan 20 tahun. Pada individu dengan asupan alkohol tinggi (lebih dari 30 gram per hari), terdapat hubungan signifikan antara konsumsi alkohol dan risiko kanker usus besar.

Rasio dengan menggunakan pooled multivariate, risiko konsumsi alkohol lebih dari 30 gram per hari adalah 1,23 pada mereka yang tidak punya keluarga dengan riwayat penyakit kanker usus besar. Rasio paling besar yakni sebesar 2,02 pada mereka dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker usus besar, dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum.

Sedangkan risiko rasio kanker usus besar adalah 2,80 pada mereka yang mengkonsumsi alkohol lebih dari 30 gram per hari dan memiliki keluarga dengan riwayat penyakit, dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum dan tidak punya keluarga dengan riwayat kanker usus besar.

"Kami menemukan bahwa konsumsi alkohol berasosiasi dengan peningkatan risiko kanker usus besar, khususnya pada mereka dengan keluarga yang positif punya riwayat penyakit tersebut," kata para peneliti dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Februari. "Menurunkan konsumsi alkohol bisa saja menurunkan angka insidensi kanker usus besar, khususnya pada populasi dengan risiko tinggi," kata mereka.

HEALYHDAY | AMIRULLAH

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...