Ketahui Lima Gejala Awal Kanker

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Ketahui Lima Gejala Awal Kanker
Feb 7th 2012, 08:30

VIVAnews - Penyakit kanker sampai saat ini masih dianggap sebagai salah satu penyakit mematikan. Namun, banyak ahli percaya kalau deteksi kanker lebih dini bisa meningkatkan peluang sembuh dan harapan hidup pasien.

Sayang, pada banyak kasus, penyakit ini baru terdeteksi ketika sudah stadium tinggi.

Dokter Shyam Aggarwal, ahli onkologi dari Sri Gangga Ram Hospital, India, mengungkap lima gejala kanker.

Seperti dilansir healthmeup.com, gejala awalnya mirip dengan penyakit biasa. Tapi, jika makin lama makin parah, jangan menganggapnya sepele, karena bisa jadi tanda awal kanker.

1. Berat badan turun drastis Demam yang berlangsung lama, disertai penurunan berat badan drastis, tubuh lemas selama sekitar 3-4 minggu, bisa jadi tanda kanker.

Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas, bisa jadi salah satu gejala awal kanker. Kondisi ini sering dikaitkan dengan kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.

2. Luka di mulut tak kunjung sembuh Jika Anda memiliki sariawan atau plak putih di mulut yang tak sembuh-sembuh selama lebih dari tiga minggu, segera konsultasi ke dokter. Jika Anda merokok, sebaiknya segera berhenti. Ini mungkin berhubungan dengan iritasi konstan, yang dipicu sel kanker.

3. Darah dalam feses Kembung, sakit perut, pendarahan dubur atau munculnya darah dalam feses bisa jadi pertanda kanker usus. Darah biasanya berwarna agak gelap, tapi ada juga yang segar. Llebih waspada jika terjadi perubahan pola buang air, seperti diare atau sembelit tanpa alasan jelas.

4. Batuk lama tanpa dahak Ada banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan batuk dan sesak napas, antara lain infeksi dan peradangan. Tetapi, dalam beberapa kasus, gejala ini mungkin jadi tanda kanker paru-paru.

Segera perikasakan diri ke dokter jika Anda mengalami batuk kering, tanpa dahak, apalagi kalau sampai berdarah, selama dua minggu tanpa henti.

5. Bercak putih di lidah dan dinding mulut Kondisi ini juga dikenal sebagai lenkoplakia, yang mungkin berkembang menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan daerah pra-kanker yang disebabkan karena seringnya terjadi iritasi sering. Jika tidak diobati, leukoplakia bisa menjadi kanker. (pie)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...