Bahaya Jalin Cinta Lewat Dunia Maya

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Bahaya Jalin Cinta Lewat Dunia Maya
Feb 7th 2012, 07:39

Selasa, 7 Februari 2012, 14:39 WIB

Anda Nurlaila

VIVAnews - Kencan via dunia maya salah satu cara paling umum untuk memulai sebuah hubungan. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan kencan dalam jaringan justru makin menyulitkan seseorang menemukan pasangan yang tepat.

Sebuah analisis terhadap 400 situs kencan online mengungkap, dunia maya memang menawarkan akses luas untuk bertemu para lajang lain. Tapi di saat bersamaan pengguna akan kewalahan menentukan seseorang yang tepat karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Penelitian yang dilakukan Northwestern University dan dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science in The Public Interest juga menemukan proses yang terlibat dalam hubungan lewat dunia maya bukan tidak mencipta hubungan yang kuat.

Temuan juga menunjukkan bahwa profil di situs online tidak sepenuhnya berguna dan dapat mengaburkan objektifitas mitra potensial.

Penulis utama Eli J Finkel menjelaskan, "Kencan online sesuatu yang buruk dalam mempertemukan para lajang. Ada dua masalah di dalamnya, " katanya.

Pertama, seseorang harus meneliti daftar profil yang tak berujung. Situs kencan online juga kerap menampilkan profil yang tak berbicara banyak mengenai diri mereka. Kedua, katanya, terlalu banyak pilihan bisa menjadikan seseorang putus asa menemukan yang terbaik.

Finkel menyebut, berbelanja di "supermarket cinta" membuat orang memiliki terlalu banyak pilihan. Dan, pada akhirnya membuat orang malas dan membuat keputusan di saat terakhir.

Penggunaan algoritma berdasarkan kepribadian dalam menentukan kecocokan di situs kencan juga diperdebatkan. Algoritma yang dapat mengurangi jumlah mitra potensial dari ribuan untuk beberapa orang, memungkinkan ketidakcocokan sebagaimana dua orang yang bertemu secara acak.

"Pada akhirnya, kesamaan prediksi sangat sedikit," katanya pada Washington Post.

Finkel menyebut keberhasilan situs kencan online didasarkan pada sesuatu yang tak ilmiah, tanpa tujuan dan berdasarkan data. "Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengetahui apakah Anda serasi dengan seseorang kecuali mengobrol sambil minum teh atau kopi," kata Dr Finkel. (eh)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...