Kunci Tetap Lincah di Usia Renta

VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Kunci Tetap Lincah di Usia Renta
Feb 7th 2012, 06:36

Selasa, 7 Februari 2012, 13:36 WIB

Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah

VIVAnews - Tetap sehat di usia lanjut bukan mustahil. Mereka yang menginjak usia 60-an tetap bisa aktif secara fisik. Salah satu cara mudah mewujudkannya adalah mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Menurut penelitian Universitas Tokyo terhadap 14 ribu pria dan wanita berusia di atas 65 tahun, mengonsumsi teh hijau sebanyak lima cangkir setiap hari dapat memotong potensi kelumpuhan.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis pola makan dan minum responden, serta mengumpulkan catatan kesehatannya. Hasilnya memperlihatkan kesimpulan bahwa semakin banyak konsumsi teh hijau, responden semakin aktif dan mandiri.

Seperti diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi teh hijau setidaknya lima cangkir sehari memiliki risiko lumpuh 33 persen lebih kecil, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsinya. Sementara itu, konsumsi 3-4 cangkir sehari memotong risiko lumpuh 25 persen.

Penelitian yang dilakukan itu menunjukkan, peminum teh hijau memiliki kesehatan yang lebih baik, karena mereka juga cenderung menerapkan diet sehat, tidak merokok, dan berpendidikan lebih baik.

Responden yang rutin meminum teh hijau cenderung mengonsumsi lebih banyak ikan, sayuran, dan buah. Tak hanya itu, mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik, dan lebih aktif dalam kegiatan sosial.

Tidak jelas apakah meminum teh hijau dapat mendorong perilaku hidup sehat. Yang pasti, teh hijau mengandung polifenol, bahan kimia tanaman yang dapat memangkas kolesterol dan melindungi DNA dari kerusakan. (art)

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Kirim Komentar

Anda harus Login untuk mengirimkan komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

No comments:

KOTAK PENCARIAN:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN:

=====
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...